Single Sign On (SSO) merupakan Sistem Autentikasi yang memungkinkan pengguna mengakses beberapa aplikasi menggunakan username dan password yang sama.
*Mohon diikuti langkah-langkah berikut sesuai urutan.
Aktivasi SSO
- Akses satu.telkomuniversity.ac.id dan klik “Buat Akun SSO”
- Sesuaikan Aktivasi sebagai “Mahasiswa” dan Isi Kolom “NIK”
- Masukkan “Kode OTP” yang sudah dikirimkan ke email pribadi masing-masing
- Buat kata sandi sesuai kriteria
- Baca dan pahami ketentuan di Telkom University, jika sudah Ceklis pada box dan klik “Simpan”
Catatan:
Untuk username/nama pengguna digenerate oleh sistem dan tidak dapat diubah.
Jika ada kesalahan Nomor Induk Kependudukan (NIK) ketika aktivasi SSO, silakan menghubungi kontak: Hubungi Kami
Login Tel-U SATU
- Klik “Hubungkan Microsoft 365“
- Masukkan username SSO + @student.telkomuniversity.ac.id (contoh: [email protected]) dan password SSO
- Jika sudah login, silakan lanjutkan Aktivasi MFA Microsoft 365 link berikut Panduan Aktivasi Multi-Factor Authentication (2FA/MFA) Akun Microsoft 365
- Setelah berhasil Aktivasi MFA, akan muncul halaman dashboard yang menampilkan daftar aplikasi yang dapat diakses selama menjadi mahasiswa.
Login iGracias
- Akses igracias.telkomuniversity.ac.id sebagai mahasiswa (pilih Login >> MAHASISWA)
- Masukkan “username dan password SSO”
- WAJIB! Aktifkan Authenticator iGracias untuk keamanan Akun, setelah aktivasi SSO silakan mengikuti Panduan MFA iGracias
- Dilarang menghapus aplikasi authenticator karena kode token terbaru akan selalu diminta setiap login
Keterangan: Mohon tidak menghapus aplikasi authenticator, karena hal ini dapat menyebabkan akun tidak dapat diakses atau menimbulkan masalah pada proses otentikasi. Pastikan aplikasi ini selalu ada di perangkat.
Microsoft 365
- Anda dapat mencoba layanan Microsoft 365, silakan akses office.com
- Pilih Sign in
- Masukkan Username SSO + @student.telkomuniversity.ac.id (contoh: [email protected]) dan password SSO
- Klik Sign in
- Masukkan kode 6-digit dari Microsoft Authenticator untuk sign in ke layanan Microsoft 365 >> “Verify”
*Catatan: Jika mengalami kendala pada akses Microsoft 365, bisa ikuti informasi panduan dan kendala di link berikut:
Informasi Terkait Kendala Penggunaan dan Panduan Microsoft 365 for macOS
Informasi Terkait Kendala Penggunaan dan Panduan Microsoft 365 for Windows
Keterangan: Untuk Lisensi Microsoft 365 hanya bisa digunakan selama masih status Mahasiswa Telkom University, dan akan terhapus otomatis 6 bulan setelah yudisium.
MyTel-U Mobile
Aplikasi My TelU Mobile dapat digunakan untuk beberapa hal, seperti melihat jadwal kuliah, melihat nilai, melihat timeline kampus dll. Untuk menggunakannya, aplikasi tersebut dapat diunduh melalui Google Play Store dan Apple App Store. Berikut tahapan login akun MyTel-U Mobile:
- Klik Masuk
- Masukkan username SSO (huruf kecil dan tanpa domain) + Password SSO >> Masuk
Keterangan: Jika mengalami kendala pada akses app MyTel-U Mobile, bisa ikuti informasi panduan dan kendala di link berikut: Informasi Terkait Kendala Penggunaan dan Panduan MyTelu Mobile
WIFI Tel-U Connect
Untuk akses wifi Tel-U Connect hanya bisa diakses disekitaran lingkungan Telkom University.
Mohon dipastikan ketika akses Tel-U Connect TIDAK MENGAKTIFKAN VPN gratis, VPN Berbayar, DNS Browser dan DNS Device. Silahkan Ikuti langkah-langkah akses Wifi Tel-U Connect berikut:
- Pilih TelU-Connect
- Klik Connect
- Masukkan “username” (huruf kecil) dan “password” SSO
- Klik “OK / Connect”
Keterangan: Jika mengalami kendala pada akses jaringan Wifi Tel-U Connect, bisa ikuti informasi panduan dan kendala di link berikut: Informasi Terkait Kendala Penggunaan dan Panduan Tel-U Connect