Penyesuaian Layanan Google Workspace menjadi Microsoft 365

Username Akun Layanan

1. Terdapat perubahan email atau User Principal Name (UPN) pada layanan Microsoft (Ms.) 365 dan CeLOE dengan ketentuan sebagai berikut:

User GroupUsername Akun Ms. 365 SebelumnyaUsername Akun Ms. 365 yang Baru
Dosen, TPA, dan Unit(username)@365.telkomuniversity.ac.id(username)@telkomuniversity.ac.id
Mahasiswa(username)@365.telkomuniversity.ac.id(username)@student.telkomuniversity.ac.id

2. Password yang digunakan untuk sign in adalah password yang sama dengan iGracias

3. Setelah dilakukan penyesuaian layanan pada jadwal terlampir (Februari 2023), civitas academica perlu melakukan sign in kembali pada seluruh layanan Ms. 365 dan Center of Learning and Open Education (CeLOE), termasuk LMS dan CDS, menggunakan email yang baru

Penyesuaian Penggunaan Layanan

1. Terdapat beberapa penyesuaian layanan Google Workspace sebagai berikut:

Layanan Google Workspace✔️
GMailMengirim dan menerima email baruMelihat riwayat email masuk (inbox) dan terkirim (sent)
GDriveMengunggah file atau folder baruMembaca file dan folder yang sudah ada
GMeetMerekam meetingMelakukan meeting tanpa fitur rekam
GCalendar, dllDapat digunakan

2. Perubahan username pada layanan Ms. 365 mengakibatkan beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai berikut:

Layanan Ms. 365Perubahan/KendalaSolusi
OneDriveSemua link ke OneDrive menjadi tidak berfungsiMembagikan kembali link dari file atau folder tersebut melalui OneDrive
OneNote dan Aplikasi LainFile tidak dapat diakses atau dibukaFile yang disimpan pada OneDrive perlu ditutup dan dibuka kembali
Ms. Teams ChatFile yang dibagikan melalui chat Ms. Teams tidak dapat dibukaFile perlu dibagikan kembali

Produk Microsoft 365

Berikut adalah beberapa produk Microsoft 365 yang dapat digunakan sebagai pengganti layanan Google Workspace:

AplikasiGoogle WorkspaceMicrosoft 365
EmailGoogle MailOutlook
Online meetingGoogle MeetMicrosoft Teams
Online storageGoogle DriveOneDrive (5 TB)
Online calendarGoogle CalendarMicrosoft Calendar
Data studioGoogle Data StudioPower BI
Online formGoogle FormMicrosoft Form
Class managementGoogle ClassroomMicrosoft Teams

Aktivasi Multi-Factor Authentication (MFA)

Jadwal Penyesuaian Layanan

1. Sosialisasi Penyesuaian Layanan:

Hari/Tanggal:Rabu, 1 Februari 2023
Waktu:13.30 WIB s.d. Selesai
Tempat:https://tel-u.ac.id/sosialisasimicrosoft

2. Implementasi Penyesuaian Layanan:

GrupJadwal Penyesuaian Layanan
Dosen, TPA, dan UnitSelasa, 7 Februari 2023 pukul 08.00 s.d. 18.00 WIB
MahasiswaRabu, 8 Februari 2023 pukul 08.00 WIB s.d.
Jumat, 10 Februari 2023 pukul 18.00 WIB

3. Apabila mengalami kendala gagal sign in layanan Microsoft 365 menggunakan (username)@365.telkomuniversity.ac.id pada masa penyesuaian layanan, silakan sign in kembali menggunakan (username)@telkomuniversity.ac.id atau @student.telkomuniversity.ac.id

Catatan Penting: Diimbau untuk tidak melakukan pergantian password iGracias selama proses penyesuaian layanan sesuai jadwal di atas

Frequently Asked Questions

Iya, selama penyesuaian berlangsung, layanan microsoft dan fitur sign in CeLOE menjadi tidak bisa diakses. Apabila penyesuaian selesai dilakukan lebih cepat dari jadwal, maka akan diinformasikan kepada civitas academica.
Iya, layanan email tetap dapat digunakan selama masa penyesuaian berlangsung, dengan mekanisme: Sebelum masa penyesuaian selesai, setiap email baru yang diterima dan dikirim akan diproses melalui Gmail. Setelah masa penyesuaian selesai, setiap email baru yang diterima dan dikirim akan diproses melalui Ms. Outlook.
Pemindahan data yang masih digunakan/diperlukan dari GDrive/Gmail ke OneDrive dapat dilakukan secara manual oleh masing-masing pengguna mengikuti Panduan GDrive to OneDrive dan Panduan Gmail to Outlook
Alamat email untuk sign in pada CeLOE (LMS dan CDS) adalah menjadi (username)@telkomuniversity.ac.id atau @student.telkomuniversity.ac.id
Aplikasi email yang dapat digunakan adalah Ms. Outlook dengan sign in menggunakan email (username)@telkomuniversity.ac.id atau @student.telkomuniversity.ac.id melalui portal Office
Iya, jika Anda terkendala untuk sign in menggunakan akun Tel-U, silakan reset password melalui tombol Forgot password? pada aplikasi tersebut
Tidak, akun SISTER tetap menggunakan email (username)@telkomuniversity.ac.id

Sumber:

  1. How UPN changes affect the OneDrive URL and OneDrive features
  2. Panduan Layanan Google menjadi Microsoft 365
  3. Materi Sosialisasi Penyesuaian Layanan Google menjadi Layanan Microsoft
  4. Rekaman Sosialisasi Penyesuaian Layanan Google menjadi Layanan Microsoft
Secret Link